Cara memperbaiki Karet tuch keyboard serie Yamaha PSR

Beberapa hari yang lalu, saya sempat membaca dari seach engine tenantang bagaimana membuat karet tuch pada keyboard-orgen agar kembali kenyal dan kencang...hehhehe   kyk resep wanita aja....

Setelah saya ikuti ke seach engine tersebut, ternyata tidak ada tanggapan dari nara moderator, kesian banget yang nanya....

Baiklah. saya akan memberi sedikit tip tentang bagaimana memperbaiki tuch keyboard yang mati khusus serie yang saya sebutkan pada jodol postingan ini. Perlu di ingat, Bukan mengencangkan atau mengenyalkan, tetapi menghidupkan tuvh keyboard atau orgen...hehhe..ngeres tar loe....

Langkah pertama :

a. Anda buka semua baut yang ada pada casing keyboard bagian bawah, jangan bagian layar tar hancur tuh keyboard.
b. setelah anda buka, keluarkan karet karet tuch keybord, dengan cara perlahan agar tidak robek karet nya, karna karet tersbut kategori sensitife, jika ada baut yang perlu di buka, buka saja yang penting ingat pasang nya kembali.
c. Setelah karet di keluarkan , anda ambil kain yang gahan nya lembut, untuk membersihkan karet karet tuch keyboard.
d. Cara membersihkan nya, Anda bersihkan bagian dalam karet yang berwarna hitam, anda lihat secara teliti, hitam kilat atau hitam biasa, kalau ternyata anda lihat warna nya hitam kilat, anda perklahan lahan gosok karet tersbut sampai hilang warna kilat nya. dan kembali ke hitam normal.
e. setelah anda bersihkan semua karet karet tersbut, anda harus kembali memasang nya ke tempat nya, soal susuanan tidak jadi masalah seandai nya tertukar antara karet oktaf yang satu dengan oktaf yang lain.
f. Ini yang harus anda perhatikan.
Pastikan susunan karet tersusun rata, tidak gelombang, dan tidak ada karet yang terjepit, dan semua harus dalam kondisi stabil seperti sebelum nya.
g. Setelah tersusun rata, pasangkan kembali papan penutup.
h. Jangan langsung anda pasang casing, sebaik nya anda hidupkan dulu keyboard, anda cboa sudah hidup semua atau belum, jikan ternyata mash ada yang mati, anda buka kembali dan anda bersihkan lagi.
i. setelah hdup semua, silahkan pasang casing dan baut lalu anda bisa enjoy kembali dengan tuch yang sudah kembali bormal.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat serta salam sukses.....amiin..
Lihat juga dong


Jaykeyboard-music.blogspot.com

0 komentar: